HARI POHON SE-DUNIA


Tanggal 21 November 2008 dinobatkan sebagai Hari Pohon Se-dunia. Tidak banyak orang tau tentang tanggal ini. Tapi yang lebih penting adalah bukan masalah peringatan Hari Pohon Sedunia-nya, tapi bagaimana sikap dan tindakan semua orang terhadap pemuliaan pohon-pohon.
Meskipun pohon hanya menyumbangkan 20% Oksigen, tapi jasanya sudah sangat banyak untuk kita. Bayangkan saja jika CO2 tidak ada yang menyerap, pasti udara sudah sangat tidak sehat.
 Pohon merupakan suatu komponen penting bagi kelangsungan hidup makhluk hidup sebab pohon dapat menghasilkan O2 yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup. Selain berperan sebagai paru-paru bumi, masih banyak manfaat lainnya dari pohon. Tetapi sayangnya akhir-akhir ini jumlah pohon telat berkurang drastis. Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pohon masih rendah,untuk itu perlu diadakan pengarahan dan peringatan hari pohon.
Jakarta, undip.ac.id - Universitas Diponegoro menerima Penghargaan sebagai kampus peduli tanam pohon oleh Kementrian Kehutanan RI Rabu (28/11). Penghargaan ini diberikan dalam rangka peringatan hari menanam pohon Indonesia dan bulan menanam pohon nasional 2012 yang diberikan kepada 31 organisasi dan Individu lainnya. Penghargaan ini diberikan langsung oleh menteri Kehutanan dan disaksikan oleh Presiden RI di area hutan kota bandara Soekarno Hatta Provinsi Banten. Penghargaan tersebut diberikan karena Undip dipandang dan dinilai memiliki kepedulian yang tinggi untuk melakukan penghijauan lingkungan kampus sehingga menjadi asri sejuk dan sehat.
Manfaat Estetis (Keindahan) Pohon memiliki berbagai macam bentuk tajuk yang khas, sehingga menciptakan keindahan tersendiri. Oleh karena itu bila disusun secara berkelompok dengan jenis yang sama pada masing-masing kelompok akan menciptakan keindahan atau suasana yang nyaman.
Struktur bangunan tanpa diimbangi dengan pohon-pohon akan terasa gersang, sebaliknya bila sekitarnya ditanam pohon serta ditata dengan baik akan nampak hijau dan asri.
Manfaat Orologis
Akar pohon dengan tanah merupakan satu kesatuan yang kuat sehingga mampu mencegah erosi Manfaat Hidrologis
Tanaman-tanaman pada dasarnya akan menyerap air hujan. Dengan demikian banyaknya kelompok pohon-pohon akan menjadikan daerah sebagai daerah persediaan air tanah yang dapat memenuhi kehidupan bagi manusia dan makhluk lainnya.
Manfaat Klimatologis
Dengan banyaknya pohon akan menurunkan suhu setempat, sehingga udara di sekitarnya menjadi sejuk dan nyaman. Jadi secara klimatologis kehadiran kelompok pohon-pohon pelindung sangat besar artinya.
Manfaat Edaphis
Ini adalah manfaat dalam kaitan dengan tempat hidup binatang. Di lingkungan yang penuh dengan pohon-pohon, secara alami satwa dapat hidup dengan tenang karena lingkungan demikian memang sangat mendukung.
Manfaat Ekologis
Lingkungan yang baik adalah yang seimbang antara struktur buatan manusia dan struktur alam. Kelompok pohon atau tanaman, air, dan binatang adalah bagian dari alam yang dapat memberikan keseimbangan lingkungan.
Manfaat Protektif
Manfaat protektif adalah karena pohon dapat memberikan perlindungan, misalnya terhadap teriknya sinar matahari, angin kencang, penahan debu, serta peredam suara. Disamping juga melindungi mata dari cahaya silau.
Manfaat Hygienis
Adalah sudah menjadi sifat pohon pada siang hari menghasilkan O2 (Oksigen) yang sangat diperlukan manusia, dan sebaliknya dapat menyerap CO2 (Karbondioksida) yaitu udara kotor hasil gas buangan sisa pembakaran. Jadi secara hygienis, pohon sangat berguna untuk kehidupan manusia.
Manfaat Edukatif
Berbagai macam jenis pohon yang ditanam di kota merupakan laboratorium alam, karena dapat dimanfaatkan sebagai tempat belajar mengenal tanaman dari berbagai aspeknya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar